Hanif : Pekerja atau Karyawan Harus Melapor Jika THR Tidak Dibayar

Hanif : Pekerja atau Karyawan Harus Melapor Jika THR Tidak Dibayar

Menaker M. Hanif Dhakiri.(Ist)

Menaker M. Hanif Dhakiri.(Ist)

JAKARTA  – Karyawan atau pekerja diminta untuk menyampaikan pengaduan apabila  tTunjangan Hari Raya  (THR)  tidak atau telat dibayarkan oleh perusahaan.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri  mengatakan,  pengaduan bisa disampaikan ke posko yang ada di setiap dinas tenaga kerja.

“Di setiap dinas ketenagakerjaan, kami miliki posko pengaduan, begitu juga di pusat. Jadi kalau ada aduan-aduan mengenai pembayaran THR, terlambat, tidak dibayar, bisa diproses melalui posko itu,” kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Hanif juga memastikan nantinya akan ada sanksi berupa denda bagi perusahaan yang terbukti terlambat atau tidak membayarkan THR.

Denda yang dikenakan sebesar 5 persen dari THR yang harus dibayarkan. “Selain kena denda, dia juga tetap harus bayar THR. Judulnya tetap harus bayar,” kata dia.

Bahkan, lanjut Hanif, sanksi selain denda juga bisa dikenakan. Sanksi tersebut akan disesuaikan dengan kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan. “Tapi yang paling sering, yang pasti kena, denda dulu. Yang lain akan disesuaikan dengan bobotnya,” pungkasnya.(Tri)

 

Sumber :Pos Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com