Komitmen DPR soal Indhan Dalam Negeri Beri Angin Segar Industri pertahanan Swasta Nasional

Komitmen DPR soal Indhan Dalam Negeri Beri Angin Segar Industri pertahanan Swasta Nasional

Komitmen DPR soal Indhan Dalam Negeri Beri Angin Segar Industri pertahanan Swasta Nasional

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dewan Penasehat Persatuan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas), Connie Rahakundini Bakrie mengatakan, komitmen DPR untuk mendorong penyediaan kebutuhan alat perlengkapan pertahanan keamanan menjadi angin segar bagi industri pertahanan swasta nasional.

Dalam keterangan persnya, Rabu (14/2/2018), Connie melihat bahwa masih ada ruang terbuka yang cukup luas bagi BUMS untuk memenuhi kebutuhan Alpalhankam dalam negeri. Baik dalam hal pengadaan maupun pemeliharaan.

Ruang gerak Industri Pertahanan Swasta Nasional bisa diakomodasi dengan menyandarkan pada Undang-Undang 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, khususnya pasal 43 dan 44 yang menyatakan: Pengguna wajib menggunakan alat peralatan pertahanan dan keamanan produksi dalam negeri.

Selanjutnya, pengguna wajib melakukan pemeliharaan dan perbaikan alat kelengkapan pertahanan dan keamanan di dalam negeri.

Baca: Jokowi Bahas Masalah Ekonomi dengan Ratu Maxima

Kemudian, pengadaaan alat peralatan pertahanan dan keamanan produk industri pertahanan dilakukan dengan kontrak jangka panjang.

Di luar itu, ada juga peluang yang masih bisa dioptimalkan potensinya, yakni bila Industri Pertahanan Swasta diberi ruang sebagai lead integrator (pemadu utama) yang menghasilkan Alutsista atau mengintegrasikan semua komponen utama, pendukung, atau bahan baku hingga menjadi alat utama.

Connie juga melihat pasar kebutuhan Alpalhankam dalam negeri masih juga menyisakan banyak ruang yang bisa diisi oleh BUMS.

Itu bisa dirujuk dari besarnya anggaran dana PDN/pinjaman dalam negeri yang dialokasikan pemerintah yang mencapai Rp 15 trilyun untuk periode 2015-2019.

Namun tingkat penyerapannya masih sangat kecil, hingga tahun ini masih tersisa Rp 9 triliun.


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com