Menteri Yohana Minta Pelaku Prostusi Perempuan dan Anak di Aceh Ditindak Tegas

Menteri Yohana Minta Pelaku Prostusi Perempuan dan Anak di Aceh Ditindak Tegas

Menteri Yohana Minta Pelaku Prostusi Perempuan dan Anak di Aceh Ditindak Tegas

Menteri Yohana Ingin Pelaku Prostitusi Perempuan dan Anak di Aceh Ditindak Tegas

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA) Yohana Yembise berharap para pelaku yang memanfaatkan perempuan dan anak sebagai korban prostitusi di Meulaboh, Aceh Barat diberikan hukuman berat.

Selain itu, Menteri Yohana juga berharap para korban mendapatkan ganti rugi atau restitusi .

“Saya berharap agar kasus serupa dengan korban tujuh perempuan dapat segera dituntaskan dan mendapatkan penanganan yang maksimal hingga tuntas,” ujar Yohana dalam keterangan pers yang diterima dari Kementerian PPPA, Sabtu (31/8/2018).

Kasus ini, kata Yohana, merupakan bentuk kejahatan eksploitasi seksual pada anak yang tergolong berat.

Baca: 30 Anak Diberi Motivasi agar Berjuang untuk Sembuh dari Kanker

KemenPPPA menekankan kepada seluruh masyarakat untuk dapat memahami dan mengajarkan kepada sesama, siapa saja yang melakukan hubungan seksual dengan anak, apapun alasannya baik suka sama suka, atau secara terpaksa karena adanya masalah ekonomi, dengan unsur penipuan atau kekerasan seksual akan dikenakan pidana sesuai Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 tahun 2014 atau perdata berupa denda ganti rugi (restitusi) bagi korban.

“Peran masyarakat begitu penting dalam mencegah kasus prostitusi seperti ini terjadi lagi,” Pungkas Menteri Yohana.

Kepada seluruh calon orang tua, Yohana mengingatkan harus memiliki kondisi yang siap baik secara biologis, sosial maupun ekonomi ketika akan memiliki dan mengasuh anak, sehingga kejadian eksploitasi anak seperti ini baik dalam eksploitasi ekonomi maupun sosial bisa dicegah bersama.

Kementerian PPPA telah berkoordinasi dengan Dinas PPPA Provinsi Aceh dan P2TP2A Provinsi  Aceh dalam menangani mengawal perkembangan dua kasus ini.


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com